2015/12/10

Pengertian dan Fungsi Asbabun nuzul

Al-qur'an adalah kitab sucinya umat islam, dan diturunkannya Al-qur'an ayat demi ayat ini mempunyai hystory tersendiri sehingga sejarah dan sebab musabab turunnya ayat ini bisa dikatakan Asbabun nuzul, pengertian yang lain dari Asbabun nuzul adalah suatu pendekatan sejarah yang berupaya menganalisa sejarah berdasarkan masa diturunkannya ayat.

Pada masa rasulullah masih hidup para sahabat selalu menayakan akan masalah dan persoalan mereka kepada rasulullah baik urusan rumah tangga, sosial, agama, dan tentunya perkataan rasul ini adalah wahyu. 

untuk kita bisa memahami al-qur'an dengan baik maka ilmu asbabun nuzul ini harus kita pelajari karena ilmu tersebut sangatlah penting. Sehingga Imam Al-Wahidi pernah berkata" Tidak mungkin mengetahui tafsir ayat tanpa mempelajari kisah dan Asbabun nuzulnya.

Adapun untuk lebih ringkasnya yang disebut atau pengertian Asbabunnuzul menurut bahasa adalah sebab turunnya Al-Qur'an. Adapun menurut terminologi adalah Suatu perkara yang menyebabkan turunnya ayat baik berupa jawaban, atau sebagian penjelasan yang diturunkan pada waktu terjadinya suatu peristiwa.

Pengertian dan Fungsi Asbabun nuzul

Adapun fungsi dari Asbabun nuzul ini berfungsi sebagai berikut : 
  1. Merupakan tanggapan atas suatu peristiwa Contoh : sesuatu perkara terjadi lalu Al-Qur'an diturunkan untuk menanggapi sesuai peristiwa tersebut
  2. Untuk menjelaskan hukum yang terjadi Contoh : ketika rasul ditanya tentang hukum khaulah binti Tsa'labah ketika suaminya melakukan dhahir (menyerupakan ibunya)
  3. Sebagai Takhsis kalau ayat tersebut berbentuk umum
  4. Sebagai rujukan resmi rasulullah kalau ayat tersebut berbentuk umum sedangkan hadis berbentuk khusus
Itulah ringkasan dari pengertian Asbabun nuzul lebih jelasnya silahkan baca Buku yang berjudul Study ulumul Qur'an karangan Drs Shaluhuddin Hamid, MA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Fungsi Asbabun nuzul

1 comments:

  1. sudah ada aplikasi asbabun nuzul di android >> https://goo.gl/9ry91C

    ReplyDelete