2015/02/06

Struktur Pembelajaran Dasar SEO - On Page

Berikut ini rangkuman Struktur Pembelajaran Dasar SEO - Banyak pemula yang ingin mempelajari SEO kemudian bingung harus memulai dari tahap mana. Karena perkembangan Teknik SEO yang semakin beragam dan tidak semua materi yang ada di Internet 100% adalah benar. Banyak yang hanya mengikuti keadaan tanpa tahu bahwa teknik yang digunakan sudah kadaluarsa dan tidak memiliki efek. Maka dari itu saya mencoba untuk memberikan poin penting pembelajaran Dasar SEO On Page yang perlu anda ketahui.
Pembelajaran SEO Dasar

Teknik SEO harus dipraktekan dengan kesabaran dan sepenuh hati. Karena dalam menjalankan Teknik SEO memakan waktu dan hasilnya tidak instan. Perlu waktu yang cukup untuk dapat melihat hasil dari Teknik SEO yang kita lakukan. Semakin efisien teknik SEO yang digunakan maka akan berdampak pada cepatnya perkembangan Website kita dari berbagai aspek.

Struktur Pembelajaran Dasar SEO

  1. Dalam melakukan Teknik SEO kita memerlukan sebuah Website yang akan di optimisasi. Buatlah sebuah Website atau Web Blog Gratis seperti blogspot, wordpress atau CMS lainnya untuk uji coba Teknik SEO. Fokuskan dan perjelas tujuan dari isi website nantinya. Hal pertama adalah Optimisasi pemilihan URL yang baik bagi perkembangan Website kedepannya. Seperti contoh website ini memiliki URL [www.seogereggi.com] dimana tujuan dari blog ini adalah memberikan pembelajaran mengenai SEO. Dengan memakai kata SEO dalam URL secara tidak langsung dapat membantu mempercepat presentase perkembangan website untuk kata kunci SEO. Pilihlah URL yang berkaitan dengan kata kunci utama website anda nantinya. Dalam pemilihan URL ada baiknya tidak menggunakan angka dan hanya kata yang relevan dengan tujuan keyword Website. Hal lainnya yang perlu diketahui adalah 
    • Panjang maks URL
    • Struktur URL Website yang baik
    • Kata kunci pada URL
    • Subdomain URL
    • Perbedaan www dan non-www
    • Perbedaan HTTPS dan HTTP
  2. Bila sudah memiliki Website atau Web Blog maka selanjutnya adalah mulai melakukan perkenalan dari SEO yang dapat dibaca di [Pengertian SEO]. Setidaknya anda mempunyai pengetahuan dasar struktur HTML untuk mempermudah memahami SEO On Page dan mengetahui beberapa struktur Social Media, Blog, Forum, dan lainnya untuk dapat lebih mudah memahai teknik SEO Off Page kedepannya. Penjelasannya di [Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page]. Buat saya SEO On Page bernilai 75% dan sisanya 25% adalah SEO Off Page. Jadi awalannya harus diperhatikan, yaitu SEO On Page yang memiliki efek terbesar bagi website anda
  3. Memilih template yang SEO Friendly
  4. Cara Optimisasi Meta Tag (Meta Description, Meta Title, Meta Content lainnya)
  5. Cara untuk menyusun H1 - H3 bahkan sampai H6
  6. Perhitungan panjang maksimum Judul Artikel
  7. Cara menentukan URL Artikel yang benar
  8. Belajar cara menganalisa Keyword dengan menggunakan Tools dasar
  9. Analisa Keyword sebelum membuat artikel (analisa judul yang akan dipakai nantinya, melihat jumlah pencaharian, melihat siapa kompetitor anda nantinya, analisa website kompetitor, pemilihan final judul artikel). Baiknya untuk memiliki kata kunci yang tingkat visitor perbulan diatas 100 dan memiliki hasil pencaharian yang kecil, seperti contoh kata kunci "Belajar SEO Gratis" yang memiliki hasil pencarian Google.co.id sekitar "457.000 hasil pencarian" dan dalam Keyword Planner rata-rata pengunjung perbulan 210 pada bulan Februari 2015. Bisa dibilang persaingan cukuplah ketat, namun kita dapat membuat artikelnya naik ke peringkat 1 dengan kata kunci tersebut dengan mudah.
  10. Pembuatan isi artikel yang SEO Friendly sesuai dengan Judul artikel.
    • Panjang isi artikel yang baik untuk mendapatkan ranking di Google dengan cepat
  11. Fungsi penambahan bumbu pada artikel seperti Gambar, Video, Backlink, Bold, Italic dan Underline pada isi artikel
    • Optimisasi Gambar, Video dan Backlink disetiap artikel
  12. Perbedaan dan kegunaan Link Dofollow dan Link Nofollow bagi Website anda
  13. Fungsi Anchor Text bagi Website anda
  14. Fungsi penambahan Label atau Tag yang benar
  15. Deskripsi Penelusuran yang SEO Friendly
  16. Cara setting Robot.txt yang SEO Friendly
  17. Cara menyusun Sitemap Website
  18. Kecepatan loading website yang baik bagi SEO
  19. Penambahan halaman Privacy and Policy
  20. Cara Verifikasi Domain ke Webmaster Google dan Google Analytic

Susunan diatas masuk dalam poin pembelajaran awal untuk mengerti dasar SEO, yaitu SEO On Page. Semua poin-poin diatas dapat dikembangkan pembelajarannya dengan mencari artikelnya di beberapa website terpercaya, seperti Moz Beginners Guide To SEO atau website lainnya. Pelajari semuanya secara bertahap dan upayakan untuk di praktekan di Website atau Blog anda.

Pembelajaran Dasar SEO On Page


Bila anda memiliki saran untuk pembelajaran Dasar SEO On Page, anda dapat memberikan komentar, tweet atau PM di Fanpage. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan Dasar SEO Off Page yang poin-poinnya tidak kalah penting bagi perkembangan Website anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Pembelajaran Dasar SEO - On Page

0 comments:

Post a Comment