2016/05/24

Tempat Wisata Edukasi Bandung

Akhir tahun pelajaran sekolah merupakan salah satu momen yang sangat penting untuk berwisata, akan tetapi banyak sekali yang tidak menyadari akan pentingnya mengunjungi tempat wisata sekaligus ada edukasi, karena selama ini Cuma berwisata ria dan tidak menanamkan pendidikan yang bisa di dapat dari wisata tersebut. 

Sebetulnya tempat-tempat wisata banyak sekali di Indonesia, tak terkecuali Kota Bandung, Kota tersebut tidak hanya dikenal dengan wisata kulinernya saja atau kota kembang dan pendidikan akan tetapi kota bandung juga merupakan salah satu kota yang ada di jawa barat yang mempunyai beberapa tempat Wisata Edukasi atau tempat bermain sambil belajar. Karena yang di sebut dengan Wisata Edukasi adalah Kita berlibur sambil Belajar dan Wisata ini sangat penting sekali agar anak-anak didik kita bukan sekedar bermain kesana kemari akan tetapi bisa menyerap hikmah, manfaat untuk dirinya tentang pendidikan. Berikut ini ada beberapa tempat wisata Edukasi yang bisa di jadikan pilihan yang ada di Kota Bandung  wilayah Jawa Barat.
  • Taman Lalu Lintas
 Taman Lalu Lintas “Ade Irma Suryani” Merupakan salah satu tempat yang bisa di jadikan untuk Wisata, Karena dengan kita mengunjungi tempat ini kita bisa mengajarkan kepada anak didik kita tentang pentingnya tertib lalulintas dengan adanya papan-papan penunjuk atau markah jalan yang harus kita tahu. Selain tempat belajar di taman Lalu Lintas ini juga ada berbagai permainan untuk anak-anak tercinta kita

Alamat: Jl. Belitung No. 1 Bandung
Jam Operasional:
•    Senin – Kamis, Sabtu 08:00 – 15:00 Harga Tiket Masuk: Rp 5000
•    Minggu dan Hari Libur, 08:00 – 16:00 Harga Tiket Masuk: Rp 6000
•    Jum’at TUTUP kecuali LIBUR NASIONAL



  • Jendela Alam
Tempat yang satu ini juga bisa menjadikan alternative untuk Wisata edukasi, karena di tempat ini  mengajarkan anak-anak untuk berperan aktif menjaga lingkungan dan juga hewan-hewan. Ada Beberapa kegiatan yang di tawarkan di tempat wisata Jendela ala mini di antaranya adalah : bercocok tanam, pembibitan, perkebunan dan kegiatan peternakan, melihat kegiatan memerah susu sapi, menunggang kuda poni, memberi makan kepada kelinci, ayam dan bebek.
Alamat: Jl. Sersan Bajuri KM. 4.5 Lembang, Bandung
Jam Operasional:
•    Senin – Jumat: 09:00 – 16:00
•    Sabtu , Minggu, Hari Besar/Libur: 08:00 – 16:30
Harga Tiket Masuk:
•    Weekdays: Rp. 8000
•    Weekend: Rp. 10.000

  • Saung Angklung Mang Udjo
 
Dari namanya juga bisa kita bayangkan bahwa tempat yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang menyuguhkan kesenian angklung khas jawa barat, tempatnya terletak di sudut Kota Bandung bagian Timur ini sudah mendunia karena keharmonisan suara angklungnya. Saung angklung mang udjo menontonkan beberapa proses dari cara pembuatan angklung hingga memainkan angklungnya bahkan alat kesenian yang satu ini bisa kita beli sebagai oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau.
Alamat: Jl. Padasuka No. 118 Bandung
Jam Operasional: Setiap hari jam 09:00 – 17:00
Harga Tiket Masuk: Rp. 60.000 (turis domestik); Rp. 100.000 (turis mancanegara)

  • Taman Kupu Cihajuang
 
Kupu-kupu salah satu hewan yang cantik yang selalu hinggap di bunga ini ternyata di pelihara oleh salah satu tempat wisata, yah wisata taman kupu-kupu yang ada di jl. Cihanjuang Desa Cibaligo Bandung ini berisikan lebih dari 50 spesieskupu-kupu. Tempat ini  ini tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga memberikan kesegaran mata dan pikiran karena area peternakannya dibuat sangat nyaman dengan aneka bunga dan pohon yang rindang. Untuk masuk ke Taman ini anda harus membayar Rp. 20.000,- saja dengan tiket tersebut kita sudah bisa mengelilingi semua areal taman kupu-kupu tersebut

Alamat: Jl. Cihanjuang KM. 3 No. 58 Desa Cibaligo Kecamatan Parongpong
Jam Operasional:
•    Senin – Jumat: 09:30 – 17:00
•    Sabtu – Minggu: 08:00 – 18:00
Harga Tiket Masuk: Rp. 20.000

  • Museum Geologi
 
Museum yang satu ini sudah sangat dikenal oleh Wargi Bandung dan wisatawan yang berasal dari luar kota. Selain lokasinya yang strategis, objek-objek yang terdapat di dalam museum pun terbilang cukup lengkap. Di Museum ini terdapat sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian berupa materi-materi geologi, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak Tahun 1850.
Alamat: Jl. Dipenogoro No. 57
Jam Operasional:
•    Senin-Kamis: 09:00 – 15:30
•    Sabtu-Minggu: 09:00 – 13:30
•    Jumat & Libur Nasional TUTUP
Harga Tiket Masuk:
•    2000 untuk pelajar
•    3000 untuk wisatawan domestik
•    10.000 untuk wisatawan mancanegara
Itulah beberapa tempat Wisata yEdukasi yang adai di Bandung Jawa Barat dan bisa di jadikan pilihan yang tepat untung bermain sambil belajar mengenal semua hewan dan cara seni budaya juga bisa melihat dan mempelajari ilmu Geologi tentunya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan keilmuan kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata Edukasi Bandung

0 comments:

Post a Comment