2016/06/07

Cara memperbaiki Alat Service HP Solder Station

Sebagaimana kita tahu, ketika kita mengambil posisi sebagai Teknisi Hp, maka disamping kita harus menguasai tentang kerusakan dan solusi perbaikan hp, kita juga di tuntut agar bisa memperbaiki kerusakan alat service hp yang kita miliki tersebut. Karena tanpa alat service hp (tools hardware). kita tidak akan bisa mengerjakan ponsel yang rusak. 

Tuntutan tersebut sebuah kewajaran bagi semua teknisi hp, di kala tools hardware kita bermasalah atau ruksak maka kita harus cepat memperbaikinya, agar tidak mengganggu proses service atau perbaikan hp itu sendiri.

Banyak para teknisi hp memandang kerusakan alat service hp nya ini, lebih baik beli yang baru, memang saya juga tidak bisa melarang akan hal tersebut. itu terserah anda, selagi anda mampu untuk beli yang baru kenapa tidak ...?

Tapi tahukah anda terkadang kerusakan alat service hp tersebut, bila kita mau memperbaikinya, akan lebih murah dari pada kita beli yang baru. Oleh karenanya sebelum beli yang baru alangkah baiknya kita cek dulu Tools Hardware kita siapa tahu cuma kerusakan kecil yang tidak membutuhkan biaya yang mahal, Contoh kecilnya seperti karena permasalahan yang sangat sederhana dan bisa anda tangani, contoh sekring (Fuse) putus, Solderan kabel ada yang terlepas, dll.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang kerusakan dan cara memperbaiki Alat Service Hp Solder Station 

Untuk permasalahan ini sebetulnya universal bahkan cara memperbaikinya hampir sama dengan merk solder uap  yang lainnya. 

Berikut ini adalah gambar solder uap tampak depan

Berikut adalah gambar solder uap tampak belakang

Bila Solder station di dismantle dengan melepas 4 screw di bagian bawah maka akan terlihat bagian dalamnya serperti ini.

Beberapa Kerusakan yang sering ditemui pada Solder Uap

 
Permaslahan : Lampu (LED) Heater tidak menyala
Solusi:
- Jika Lampu (LED) Heater tidak menyala biasanya solder tidak akan panas, akan tetapi bilamana kondisi solder normal tapi LED tidak nyala kemungkinan LED saja yang putus (ganti baru).
-Pastikan gagang solder sudah terkoneksi dengan baik ke Solder Station. Ada kemungkinan connector longgar/rusak. Jika connector longgar, coba di solder ulang atau diganti.
-Pastikan Switch On Off berfungsi normal dan Sekering (Fuse) tidak putus

Permasalahan : Lampu (LED) Heater Menyala tapi mata solder tidak panas
Solusi:
-Periksa kondisi kabel gagang solder dan koneksi ke connector solder station
-Kemungkinan element gagang solder rusak, harus ganti

Permasalahan : Tombol Pengatur Suhu tidak berfungsi
Solusi:
-Coba kalibrasi ulang (CAL)
-Periksa dan solder ulang komponen, namun jika rusak perlu ganti baru

Permasalahan : Solder Station mati total
Solusi:
- Silahkan anda periksa saja dulu dan pastikan kondisi kabel normal, Pastikan Switch On Off berfungsi normal dan Sekering (Fuse) tidak putus
-Pastikan ada output tegangan dari trafo ke main PCB sekitar 24V, jika tidak ada output tegangannya, berarti ada kemungkinan Trafo rusak. Namun sebelumnya pastikan kabel, switch on off, fuse berfungsi normal
-Kemungkinan kerusakan berikutnya adalah main pcb atau kabel penghubung ada yang putus. 

Beberapa Kerusakan yang sering ditemui pada Gagang Solder Uap

Permasalahan : Mata Solder tidak panas
Solusi:
-Cek kondisi kabel dan Connector cable, jika rusak ganti
-Kemungkinan Heating Element rusak

Permasalahan : Mata Solder Panas tapi Timah solder tidak mencair
Solusi:
-Kemungkinan mata solder kotor, coba bersihkan dengan busa. Jika perlu ganti mata
soldernya.

Itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada Solder Uap atau Solder Station, semoga Artikel ini bermanfaat dan anda bisa memperbaiki solder anda yang rusak dengan membaca Artikel yang berjudul " Cara memperbaiki Alat Service HP Solder Station "

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara memperbaiki Alat Service HP Solder Station

0 comments:

Post a Comment