2015/09/29

Surat pertama dalam Al-Qur'an

Surat Al-Fatihah yang pertama dalam kitab umat Islam

Berbagai umat yang beragama yang ada di dunia ini tentunya mempunyai kitab suci masing-masing, Al-Qur'an adalah kitab suci umat islam, kalau kita buka kitab suci tersebut maka kita akan menemukan satu surat dalam kitab suci tersebut, yaitu surat Al-fatihah sehingga Al-fatihah ini sering di sebut sebagai Ummul Qur'an. Secara lengkap Surat Al- fatihah itu adalah :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ       

  الحمد لله رب العالمين    الرحمن الرحيم   مالك يوم الدين   إياك نعبد  وإياك نستعين   اهدنا الصراط المستقيم   صِرَاطَ الذين 

أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ   غَيْرِ المغضوب عَلَيْهِمْ  وَلاَ الضالين 

1. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
2. Segala puji bagi Allah,Tuhan semesta alam
3. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
4. Yang menguasai hari pembalasan
5. Hanya kepada Engkaulah yang kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon  pertolongan
6. Tunjukilah kami ke jalan yang lurus
7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, Bukan (jalan) mereka yang    dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat
Surat Al-fatihah ini terdiri dari 7 ayat, 25 kata dan 113 huruf. Surat Al-fatihah adalah melengkapi unsur-unsur pokok dalam syariat islam.

Surat pertama dalam Al-Qur'an

Disebut Al-fatihah karena berarti Pembukaan secara tertulis, dan dengan Alfatihah juga di buka bacaan dalam melakukan sholat wajib ataupun sholat yang sunnah.

Al-Fatihah menurut imam Anas bin Malik menyebutkan bahwa Al-fatihah ini disebut juga Ummul Kitab, bahkan menurut Jumhur ulama pun sepakat kalau Al-fatihah ini disebut Ummul Kitab. Tentunya para Jumhur Ulama dan bahkan Imam Anas bin malik ini menyebutkan Al-fatihah sebagai Ummul kitab bukan tidak ada alasan atau landasan dalilnya. Para ulama tersebut memegang teguh akan hadist Rosululloh saw.

Turunnya Surat yang pertama dalam Al-Qur'an ini ada tiga pendapat 
  1. Menurut pendapat  Ibnu abbas, Qotadah, dan Abu Aliyah diturunkannya di Negeri Mekkah.
  2. Penadapat yang ke dua bahwa Surat Al-Fatihah ini diturunkannya di Madinah dan ini menurut pendapat dari Abu Hurairoh, Atho bin Yasr, dan Az zuhri. 
  3. Pendapat yang ke 3 berpendapat bahwa Surat Al-fatihah ini turun dua kali yang pertama di Negeri Mekkah yang ke dua di Negeri Madinah.
Surat Al-Fatihah ini sekurang kurangya di baca oleh ummat islam 17 kali dalam sehari semalam, dan tentunya itu adalah bacaan dalam holat wajib atau sholat fardu saja. belum kalau ummat islam tersebut mengerjakan sholat sunnah, dan dzikir tentunya yang dibaca akan lebih banyak lagi.
Dalam Al-Fatihah ini mengandung berbagai pola umum dalam aqidah islam,  pola umum konsepsi islam serta pola umum syi'ar islam dan pengarahan kepada ummat. 

Demikianlah Artikel Surat pertama dalam Al-Qur'an ini semoga menambah ilmiah bagi kita. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Surat pertama dalam Al-Qur'an

0 comments:

Post a Comment