2016/05/04

Contoh Proposal Usaha

Ketika kita mau menjalankan usaha tentunya factor modal menjadi suatu yang sangat penting, walaupun tidak sedikit orang mengatakan bahwa modal berbentuk uang tidak menjadi jaminan untuk jalan atau mulainya usaha, karena tidak sedikit orang ketika dia mempunyai uang ternyata tidak bisa menjalankannya, malah uangnya sedikit demi sedikit habis tak karuan, ada juga ketika dia punya ide dan gagasan untuk mulai usaha ternyata dia terbentur oleh permodalan, kali ini saya akan mencoba membuat contoh  Contoh Proposal usaha di peruntukan bagi anda yang ingin mulai dan maju untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda.

Banyak sekali yang menawarkan tentang adanya modal berbentuk pinjaman dari Bank, akan tetapi mungkin sebagian dari anda enggan juga meminjam permodalan dari bank tersebut dikarenakan beberapa kendala. Ada juga berbagai koperasi simpan pinjam yang menawarkan kredit dan ternyata tidak sedikit pula dari mereka yang terjerembab dalam limbah dan lembah koperasi dikarenakan suku bunga yang mencekik sama halnya dengan modal dari rentenir.

Mungkin ketika anda mempunyai gagasan dan ide untuk menjalankan usaha anda coba dulu tawarkan kepada mereka selaku investor agar melirik bidang usaha yang akan anda kerjakan tersebut. Akan tetapi walaupun anda sudah mempunyai bayangan siapa yang bakalan menjadi Investor tentunya tidak semudah seperti membalikan telapak tangan sim salabim abrah kadabrah. Tentunya harus melalui proses dan proses yang harus di tempuh bagi anda yang ingin menggaet Investor adalah dengan membuat proposal kerjasama kepada investor tersebut dan berikut ini adalah salah satu contoh proposal usaha, bagi anda yang berminat silahkan pelajari dulu karena saya hanya akan membagikan cara pembuatan proposal tersebut agar anda mahir anda juga harus berfikir.

Biasanya bagi orang  yang mulai dan awal dan b elum tahu cara pembuatan proposal usaha tersebut menjadi kendala tersendiri. Oleh karenanya di bawah ini adalah cara penulisan proposal usaha tersebut.
Contoh Proposal Usaha

Yang harus ada dalam proposal usaha anda sebagai berikut:


1. BAB Pendahuluan
Bab pendahuluan adalah salah satu bab yang harus ada dalam semua tulisan bahkan pembuatan proposal. Bab ini menjelaskan tentang uraian latar belakang dari usaha anda.  visi dan misi bisnis anda, dan gambaran usaha yang ingin anda jalankan termasuk juga bagaimana keadaan pasar saat ini.

2. Profil Badan Usaha
•    Jenis usaha
Adalah bentuk dari uraikan tentang satu jenis usaha apa yang ingin anda jalankan secara singkat. Anda bisa menjalaskannya dengan bentuk list atau uraian singkat. Kemudian uraikan juga secara singkat model bisnisnya yang akan anda jalankan.
•    Nama perusahaan
Nama perusahaan merupakan perkara yang wajib ada karena merupakan branded yang akan di ingat oleh pelanggan anda. Oleh karenanya nama perusahaan ini harus ada dalam proposal usaha.
•    Lokasi
Yang satu ini juga harus ada dalam proposal yang akan anda buat. Oleh karenanya dalam bisnis tempat atau lokasi ini adalah salah satu hal yang sangat mutlak dan penting. Tulislah lokasi anda dan cari lokasi yang sangat strategis hingga investor mau bekerjasama dengan anda bila perlu gunakan peta dengan goole maps.

3. Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki struktur organisasinya masing - masing, apakah anda berdiri sendiri atau anda membentuk satu sistem yang membuat perusahaan anda berjalan dengan satu sistem kerjasama antara owner dengan karyawan, Jika perusahaan anda memiliki sistem manajerial keorganisasian maka sebutkan mulai dari Pemilik usaha, manager atau pengelola, marketing, HRD dll.

4. Produk Perusahaan
•    Jenis produk
Tentukan dulu jenis produknya. karena produk merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, Artinya kalau andaikan anda tidak mempunyai bisnis maka apa yang akan anda jual ? dan anda ajukan ke investor anda ? Oleh karenanya sebutkan jenis produk apa yang anda produksi.
•    Pembuatan produk
Pembuatan produk merupakan bagaimana cara pembuatan produk anda
•    Keunggulan produk
Cobalah anda sebutkan keunikan produk anda, keunggulan produk hingga nilai plus produk anda.


5. Target Pasar
Sebagai tambahan anda harus menyebutkan siapa yang akan anda jadikan target pasar anda, dan dari kalangan mana anda akan membidiknya, apakah perempuan atau pria ataukah umurnya dibawah 12 tahun atau diatas 12 tahun.

6. Promosi dan PemasaranPada BAB ini anda menjelaskan tentang strategi pemasaran yang anda lakukan serta promosinya. Anda bisa membaca artikel tentang strategi pemasaran dan promosi di sini. silahkan coba lihat di http://www.rahasiascriptiklan.ga


7. Laporan Keuangan
•    Alokasi dana
Merupakan rancangan kebutuhan dana serta pengeluaran dana yang akan anda gunakan untuk usaha anda.
•    Perhitungan laba
Buat perhitungan secara logis dan realistis mengenai keuangan anda, target laba rugi, ancaman resiko dll.
•    Perhitungan bagi hasil
Setelah semua unsur diatas selesai, maka anda tinggal menentukan berapa rasio bagi hasil yang akan anda tetapkan. bagaimana menentukan rasio bagi hasil tergantung dari resiko usaha, semakin kecil resiko usaha maka semakin kecil pula pendapatan yang diberikan kepada investor dan sebaliknya.


8. PenutupPenutup berisi kata kata terakhir anda untuk meyakinkan investor anda, mengetuk hati investor anda agar lebih tertarik serta doa dan harapan anda atas proposal anda. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesediaanya membaca proposal anda.

9. Lampiran
•    Biodata pemiliki usaha
•    Surat perjanjian
•    Surat Ijin Usaha
•    Sertifikat Usaha atatu kepelatihan

Yang disebutkan diatas adalah point demi point yang harus ada dalam proposal permohonan dari contoh Proposal Usaha dan semoga paparan tersebut bisa membawa masukan ide yang positif bagi anda sehingga bisa menarik investor untuk menanamkan modal pada anda. 

Sekedar tambahan silahkan buatlah proposal anda dengan menggunakan :
1. Ukuran tulisan 12 pt
2. Spasi 1,5
3. Kertas A4
4. Cover mika

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Proposal Usaha

0 comments:

Post a Comment