2016/03/26

Tips Meningkatkan Pengunjung Website Blog Versi 1

inilah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan traffic web atau blog kita agar banyak visitor dan view dan tentunya tips ini bisa sangat bermanfaat sekali dan merupakan suatu yang paling baik agar blog atau website kita baik di mata google, dan sebetulnya trik dan tips untuk meningkatkan pengunjung website blog sangatlah banyak bertebaran di google, akan tetapi saya akan mencoba merangkum dari berbagai tips dan trik tersebut dalam versi 1 dari artikel ibnu hamdun ini.  Berikut ini merupakan tips mudah meningkatkan pengunjung ke web blog yang dirangkum menjadi beberapa versi.



Meningkatkan Pengunjung Website - Versi 1 "On Page"

Speed Loading Website
Sebetulnya visitor atau pengunjung betah di website kita ketika website tersebut atau blog tersebut cepat loadingnya dan ini salah satu yang menjadi faktor banyaknya pengunjung yang mengunjungi blog kita. Umumnya web blog yang baik akan load keseluruhan tampilan dalam kurun waktu 3-7 detik. Walaupun terkadang memang tergantung dari beberapa aspek diluar web blog itu sendiri, seperti kecepatan download pengakses dan lainnya bahkan signal atau quota dari salah satu proveder simcard pun bisa mempengaruhi, dan hosting kita pun bisa mempengaruhi akan cepat dan tidaknya blog tersebut.

Berikut ini adalah salah satu yang bisa mempengaruhi kecepatan loading website atau blog, dan tentunya kalau ini di terapkan maka tips tersebut bisa meningkatkan pengunjung website blog anda berikut tipsnya :
  • Memilih, mengubah, dan mengecilkan ukuran gambar yang akan ditampilkan.
  • Mengecilkan ukuran script coding yang ada di website.
  • Menghapus coding yang benar-benar tidak dibutuhkan.
  • Menghapus coding yang di ulang dua kali atau lebih.
  • Meminimalkan penggunaan kode Iframe pada website
  • Lebih menggunakan script yang Asynchronous.
  • Meminimalkan penggunaan flash animasi pada website.
  • Meminimalkan penggunaan widget dengan load yang cukup lama.
  • Menggabungkan coding ke dalam satu paket pemanggilan.
  • Mengaktifkan kompres GZip.
  • Mengatur Expires Headers website.
  • Menggunakan Caching browser.
  • Dan cara lainnya.

Anda dapat mencoba mengetahui kecepatan loading website anda di [GTMetrix]. Setelah selesai melakukan serangkaian test maka di akhir akan muncul data performa dari web blog anda secara detail dari angka performa web blog, detail halaman, dan informasi secara rinci dari kecepatan halaman, yslow, waktu penayangan setiap kode web blog dalam bentuk waterfall, dan riwayat web blog. Berikut ini salah satu contoh hasil pengujian blog SEOGereggi.com di GTMetrix.

Report GTMetrix SEOGereggi.com

Contoh beberapa blog yang di coba dengan melakukan tips diatas adalah SEOGereggi.com menjadi lebih cepat 2% dan waktu untuk dapat menampilkan keseluruhan halaman hanya 2,8 detik [Info]. Hal tersebut dapat terjadi karena website mengurangi widget Facebook dan Twitter. Dengan mengurangi widget tersebut mampu memberikan efek yang cukup lumayan untuk mempercepat loading website ini.

Lain hal bila anda memiliki tampilan khusus untuk pengguna smartphone. Template khusus tersebut dapat membantu mempercepat loading web blog ketika diakses melalui smartphone yaitu dengan cara meminimalkan tampilan untuk smartphone, seperti contoh website ini dengan URL: SEOGereggi.com/?m=1 yang dapat anda uji coba GTMetrix. Berikut ini salah satu hasil test loading web blog dengan tampilan Mobile Friendly. Ternyata hasilnya cukup memuaskan karena untuk tampilan smartphone website ini masuk ke dalam peringkat B untuk PageSpeed Score, Yslow Score dan waktu loading hanya 2,2 detik.

Report GTMetrix SEOGereggi.com

Tampilan Template Website dan Template Responsive / Mobile Friendly
Warna dari website tentunya bisa mempengaruhi Faktor lainnya agar blog cepat, Tampilan atau template suatu web blog dapat mempengaruhi mood seseorang dari penggunaan warna, tampilan gambar, penataan letak suatu navigasi dan jenis huruf atau font yang digunakan. dan ternyata hal kecil tersebut bila diperhatikan mampu memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap tingkat pengunjung ke web blog anda. Seseorang yang mengakses web blog menginginkan tampilan yang menarik dalam artian di saat sekarang ini adalah tampilan web blog minimalis dan simpel.

-Warna
Penggunaan warna yang benar dalam suatu website mampu membuat pengunjung menjadi lebih nyaman berlama-lama di web blog. Jangan menggunakan warna yang terlalu terang pada tampilan web blog, karena dapat membuat mata pengunjung menjadi cepat lelah. Cara mudahnya cobalah untuk melakukan peninjauan website lain yang sudah lebih terkenal, lihatlah penggunaan warna pada website mereka. Kemudian anda simpulkan dan terapkan juga pada website anda sekarang ini.

-Gambar
Manfaatkan posisi serta tampilan gambar yang baik dan jelas. Sebuah website lebih menarik jika menambahkan gambar yang atraktif atau yang menggambarkan inti dari suatu penulisan atau gambaran website tersebut. Hindari menggunakan gambar yang terlalu kecil dan gambar dengan kualitas yang buruk atau buram. Pergunakan nama gambar yang sesuai dengan isi gambar dan artikelnya. Contoh "peralatan-memasak.Jpg atau teknik-seo-on-page.Png". Jangan lupa mengisi ALT dan Title gambar yang ada di dalam artikel.

-Navigasi
Suatu web blog pasti mempunyai navigasi seperti menu about, contact, dan lainnya. Penempatan navigasi yang jelas akan mampu membantu pengunjung berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain di website anda atau ke website lainnya. Lengkapilah keseluruhan navigasi yang dapat membantu pengunjung mengetahui keseluruhan halaman dari web blog anda. Dengan memiliki navigasi yang mudah dan terlihat oleh pengunjung akan mampu meningkatkan kesempatan pengunjung berlama-lama di web blog anda.

-Font
Pergunakan font umum yang nyaman dibaca oleh mata pengunjung. Penggunaan font yang baik dan jelas mampu membantu pengunjung membaca keseluruhan isi halaman website. Seorang pengunjung terkadang akan malas membuka website anda ketika font yang digunakan sangatlah susah untuk dilihat dan dibaca. Hal tersebut umumnya dapat disebabkan karena bentuk font terlalu tipis, terlalu kecil, bentuknya tidak umum, warna font pudar atau kalah dengan latar belakangnya, dan lainnya.

-Responsive / Mobile Friendly
Dengan menggunakan tampilan template yang minimalis dan simpel akan mampu juga mengurangi waktu loading suatu web blog. Bila hal tersebut sudah dilaksanakan selanjutnya adalah membuat web blog dapat responsive ke segala ukuran tampilan, dari paling kecil yaitu ukuran smartphone sampai pada ukuran dekstop. Atau umumnya disebut juga dengan template yang Mobile Friendly. Mengapa kedua hal tersebut menjadi faktor dari peningkatan pengunjung?

Bila dilihat sekarang ini kebanyakan pengunjung dari seluruh dunia lebih banyak atau sektor akses suatu website lebih banyak menggunakan smartphone. Jadi sangat disayangkan sekali bila anda memiliki web blog bagus tetapi tidak memiliki tampilan yang Mobile Friendly. Karena bila suatu website yang memiliki tampilan yang Mobile Friendly akan membuat pengunjung dapat dengan mudah mengakses website anda dimana saja dan kapan saja.

Share Buttons (Tombol Berbagi)
Bila berbagai cara diatas telah anda lakukan, maka selanjutnya anda dapat melengkapinya dengan menambahkan area khusus untuk menempatkan Share Buttons ke berbagai media sosial. Dengan menambahkan Share Buttons pada setiap halaman, maka secara tidak langsung akan mampu membantu pekerjaan anda untuk meningkatkan pengunjung ke website.

Karena jika anda memiliki web blog dengan artikel yang menarik dapat dipastikan informasi tersebut akan dengan mudah dibagikan ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Stumbleupon, Linkedin, Tumblr, Google Plus, Pinterest, Reddit, dan media sosial lainnya. Artikel yang tersebar ke berbagai media sosial akan mampu memberikan pengunjung ke website anda secara langsung.

Bila terlalu susah menambahkannya secara manual, anda dapat memanfaatkan tools gratis seperti [Sumome]. Caranya tinggal masuk ke dalam link tersebut dan mengikuti tampilan yang muncul. Sebenarnya Sumome memiliki berbagai tools menarik salah satunya yaitu tool share yang responsive dan sangat mudah untuk digunakan. Anda pun dapat memilih share buttons yang ingin ditampilkan di antar muka web blog anda.

SumoMe Social Media Sharing Buttons

Search Box (Kotak Pencarian)
Hal kecil lainnya yang dapat membuat pengunjung ingin kembali dan kembali lagi ke web blog anda adalah adanya Search Box atau Kotak Pencarian. Umumnya pengunjung akan mencari artikel yang di inginkan menggunakan Kotak Pencarian. Walaupun Kotak Pencarian terkadang dianggap enteng, namun untuk meningkatkan experience pengunjung terhadap web blog hal ini diperlukan. Dengan memanjakan pengunjung yaitu dengan mempermudah pencarian artikel yang di inginkan membuat pengunjung akan kembali ke web blog anda atau membagi artikel yang disukai ke berbagai media sosial. Cukup menarik bukan hubungan erat antara berbagai point diatas dengan tujuan utamanya meningkatkan pengunjung ke website.


Artikel
Artikel merupakan salah satu kunci utama meningkatnya pengunjung ke website. Semakin anda fokus memberikan artikel dengan kategori yang telah ditentukan, maka secara tidak langsung rating website pun akan terus meningkat pada kategori tersebut. Contoh bila anda memiliki web blog mengenai resep makanan, maka teruslah fokus untuk memberikan informasi resep makanan yang lengkap dan jelas.

Artikel yang berkembang atau selalu update membuat pengunjung akan terus berdatangan. Semua pengunjung website yang menyukai artikel yang anda berikan akan mampu membuat pengunjung menjadi lebih ingin berlama-lama dengan melihat artikel lainnya yang berhubungan. Lebih baik berikan informasi yang lengkap dan bermanfaat kepada pembaca.

Umumnya artikel yang baik memiliki total kata sekitar 500 sampai 1000 kata lebih. Hal tersebut baik untuk meningkatkan kata kunci yang di inginkan di search engine. Anda juga dapat menambahkan video, gambar, atau suara sebagai media pelengkap yang juga mampu membuat pengunjung lebih tertarik mengakses website anda.

Bila anda sudah fokus dalam memberikan artikel, langka selanjutnya adalah terus aktif memberikan artikel setiap hari, minggu, atau bulan. Paling minimum anda harus memberikan artikel setiap bulannya. Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Dapat dikatakan artikel adalah RAJA dari SEO On Page, maka dari itu bila anda melakukan update berkala setiap bulannya dapat dipastikan jangkauan kata kunci website anda akan semakin meluas dan pengunjung akan terus meningkat.

Cara lainnya bila anda tidak dapat memiliki waktu yang cukup untuk mengupdate artikel adalah dengan memberikan sebuah artikel yang memiliki bobot maksimal atau biasa dibilang dengan artikel SEO tertarget kata kunci. Dimana artikel memiliki kriteria sangat baik untuk menarik pengunjung langsung dari Search Engine. Sebuah artikel SEO sebulan saja sudah cukup menangkap banyak kata kunci.

Di awal pembuatan artikel SEO anda diharuskan meriset kata kunci. Kemudian membuat judul dan isi yang sesuai dengan target. Selanjutnya anda tinggal mengembangkan artikel tersebut seperti menambah isi artikel, menambah gambar terbaru, menambah link internal dan link eksternal, video, atau hal lainnya yang berhubungan dengan isi artikel selama sebulan atau saat anda memiliki waktu cukup untuk menambahkannya.


Cara Penulisan Artikel
Penulisan artikel ada berbagai macam bentuk, dari yang simpel sampai yang sangat detail atau susah untuk dimengerti. Ada penulis yang menggunakan bahasa gaul dan ada juga yang menggunakan bahasa baku. Lalu apa dampak dari point tersebut? Bila kita berbicara mengenai peningkatan pengunjung ke website, maka akan kembali lagi mengenai kasus memanjakan pengunjung. Tidak mungkin bukan bila artikel mengenai kasus rumit tapi di jelaskan menggunakan kata-kata yang tidak baku?

Sebaiknya mulailah menulis artikel dengan bahasa baku yang baik dan benar. Hal tersebut akan mampu membuat pengunjung menjadi lebih tertarik dalam membaca artikel yang anda buat. Fakta lainnya yang terjadi adalah artikel dengan penulisan kata-kata baku akan lebih mudah di Translate ke berbagai bahasa contohnya Bahasa Inggris. Dengan menulis artikel dengan kata-kata yang baku, maka setiap kalangan dari muda sampai orang tua akan mudah membaca artikel yang anda buat.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah cara menulis atau susunan penulisan suatu kalimat. Hal kecil tersebut sangat mengganggu pembaca jika anda tidak memperhatikan penulisan kata yang salah, penggunaan tanda baca, huruf besar dan kecil, penggunaan simbol dan penggunaan susunan suatu kalimat (SPOK).


Domain
Nama domain adalah faktor lainnya yang membantu anda untuk meningkatkan pengunjung ke website. Pemilihan domain yang mudah dan unik membuat seseorang dapat dengan mudah mengingat dan mengakses web blog anda. Lebih baik menghindari menggunakan nama domain yang terlalu panjang, karena semakin panjang suatu domain maka akan semakin sulit untuk diingat. Gunakan nama domain yang memiliki arti atau domain tersebut adalah sebuah atau gabungan dari dua kata yang menarik.

Dengan menggunakan nama domain yang pendek pastinya akan mudah diingat pula. Suatu saat pengunjung ingin kembali atau membagi link website anda, maka tidak akan sulit saat di ketik kembali. Anda juga dapat menggunakan domain yang merupakan singkatan sebuah kalimat yang memiliki arti seperti FJB (Forum Jual Beli).

Kesimpulan
Dari berbagai cara diatas bila dipraktekan secara keseluruhan mampu membantu meningkatkan pengunjung ke web blog anda. Dengan meningkatnya pengunjung maka secara tidak langsung akan menghasilkan timbal balik berupa meningkatnya rating website dan meningkatnya penghasilan anda dari penjualan produk, jasa atau dari sebuah periklanan. Contohnya seperti blog penghasil dollar yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Sekian informasi pertama mengenai tips  Meningkatkan Pengunjung Website Blog Versi 1 untuk meningkatkan pengunjung ke website / blog. Anda dapat melanjutkan bacaan di link mengenai penjelasan meningkatkan pengunjung ke website versi kedua.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Meningkatkan Pengunjung Website Blog Versi 1

0 comments:

Post a Comment