2015/11/25

Dampak Media Sosial untuk Organisasi

Inilah berbagai dampak yang ditimbulkan dari Media Sosial


Penggunaan media sosial terus meningkat diberbagai negara terutama Indonesia, bukan saja kalangan anak muda akan tetapi orang yang sudah berumurpun mempunyai akun diberbagai media sosial tersebut. Intinya pengaruh Media Sosial tersebut bagaikan Virus yang menyebar disetiap kalangandari segala jenis usia. Apalagi dengan berjalannya waktu semua Medsos ini berkembang dengan segala jenis aplikasinya.

Tentunya hadirnya Media Sosial dalam kehidupan ini mempunyai dampak positif dan negatifnya, karena dengan kemudahan mengupload gambar, video, text bahkan tidak sedikit Media sosial ini menjadi ajang perselingkuhan dan bisnis yang menghasilkan banyak lendir dan dollar.

Media Sosial menjadi alat komunikasi yang sangat sederhana

Tidak sedikit dari pelaku bisnis memanfaatkan media sosial ini, dan bahkan dampak yang dihasilkan dari forum dan chat yang ada di media sosial ini, penghasilan merekapun melejit dan bisnispun lancar. Untuk menjalankan bisnis, pemilik dan manajer mengirim newsletter dan informasi penting melalui email serta melakukan panggilan video konferensi dengan klien di berbagai negara. Dengan berkomunikasi dengan cara ini organisasi dapat menyimpan uang pada penerbangan dan biaya perjalanan serta waktu yang berharga. Selain menjalankan bisnis, media sosial juga membantu dalam proses perekrutan. Aplikasi dan website seperti LinkedIn dan Facebook telah dikenal untuk menemukan pengusaha yang memenuhi syarat, dan juga menyediakan informasi yang cukup tentang gaya hidup dan kepentingan seseorang, media tersebut dengan mudahnya bisa menemukan apa yang dicari. Dengan mudah klik, bisnis dapat membuat kesepakatan yang menguntungkan atau meluncurkan perpanjangan baru yang menarik untuk perusahaan.

Media Sosial

Membuat Gambar

Selain menjalankan bisnis bisa lancar dan efektif, media sosial juga memainkan peran besar dalam menciptakan citra dan popularitas organisasi. Perusahaan kecil ataupun besar. Facebook, Twitter, Instagram telah menciptakan  gendutnya rekening bisnis mereka. Twitter juga menjadi peranan besar bagi perusahaan raksaksa dunia seperti McDonald, American Airlines, Amazon.com. Melalui bentuk network, organisasi Media Sosial ini telah mampu mempromosikan produk mereka dan membela nilai lebih untuk perusahaan tersebut. Perusahaaan tersebut tidak sedikit mengupload gambar dan produk mereka untuk dikenal oleh seluruh orang yang ada di dunia.

Cara yang efektif untuk mendapatkan pengikut dalam sebuah halaman yang ada di media sosial ini adalah dengan memberikan promosi atau penawaran khusus melalui aplikasi perusahaan.

Beberapa Negatif

Media sosial merupakan sumber besar publisitas yang menguntungkan, tetapi juga dapat menyebabkan berbagi informasi negatif. Media Sosial ini bisa dijadikan berita buruk ataupun baik, dan itu semua karena jenis komunikasi ini. Sebuah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan serta kritik yang amat pedas dan keras. Ini dikarenakan ketika organisasi harus merespon dengan cepat dan hormat untuk mempertahankan penampilannya. Dalam rangka untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber media sosial, perusahaan harus menjaga pedoman tertentu dalam pikiran. Seperti disebutkan sebelumnya, media sosial dapat menjadi sumber yang baik untuk digunakan ketika melihat karyawan. Namun, ketika organisasi menggunakan media sosial untuk tujuan ini, sangat sulit untuk menarik garis antara apa yang pribadi dan apa yang tidak, dan dapat dengan mudah menyebabkan masalah baik bagi karyawan dan pengusaha.

Penggunaan media sosial datang dengan banyak pro dan kontra. Semua pro dan kontra perlu dibandingkan dan dipertimbangkan dalam hubungan satu sama lain agar suatu organisasi untuk menentukan apakah penggunaan harus diterapkan atau tidak dalam metode dan praktek organisasi '. Dengan menciptakan dasar yang kuat untuk menggunakan akun media sosial, sebuah perusahaan yang sebagian besar bisa mendapatkan keuntungan dari banyak kegunaan nya.

Semoga artikel dampak dari media sosial ini bermanfaat, dan kita bisa menggunakannya dengan hal yang positif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Media Sosial untuk Organisasi

0 comments:

Post a Comment